"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Kamis, 11 Juli 2019

Bupati Maybrat Buka Bimtek Kearsipan




MAYBRAT, (Maybrat News) – Bupati Kabupaten Maybrat Drs Bernard Sagrim MM, resmi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan arsip aktif dan arsip in aktif tak beraturan untuk 33 OPD tahun 2019, di Kumurkek, Senin (8/07).

Sagrim mengatakan, kegiatan bimtek kearsipan yang dilaksanakan oleh dinas kearsipan dan perpustakaan daerah ini, sangat penting. Dikarenakan, di Maybrat saat ini belum tertata dengan baik.
“Untuk itu, peran kerasipan daerah itu sangat penting bagi OPD di lingkungan pemerintah daerah Maybrat sehingga kedepan, tak ada pejabat yang mempunyai arsip di atas mobil, di pasar, bahkan di tempat karaoke, atau yang tidak sesuai,” cetus Sagrim.

Kata dia, saat ini perlu kembali membuat kearsipan yang mempunyai naskah yang benar sesuai dengan tata aturan naskah dinas yang baik.

“Peserta wajib ikut kegiatan kearsipan agar pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Maybrat dapat memahami apa itu arsip aktif dan arsip inaktif. Jadi arsip aktif itu masa berlaku selama 10 tahun sedangkan lebih dari itu dikatakan arsip inaktif atau tidak berlaku lagi,”ujarnya.

Sagrim menambahkan, bimtek ini bertujuan agar mampu memahami hal-hal teknis tentang kearsipan.
“Ketua panitia pelaksana bimtek, Elimas Nauw menyebutkan, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 33 OPD lingkup Maybrat dan distrik serta kampung.

Dan katanya, sosialisasi kearsipan ini dihadiri tiga narasumber dari badan kearsipan nasional. Dimana membawa materi tentang pengertian arsip, arsip aktif dan arsip inaktif.

Elimas Nauw berharap, semua peserta, bisa mengikuti kegiatan bimtek dengan baik agar dapat dimengerti. Sehingga kembali ke instansi masing-masing dapat menerapkan sistem tersebut guna membenahi sistem administrasi kearsipan di instansi yang saat ini mengalami ketidakstabilan. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...