"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Minggu, 07 Juli 2019

Bupati Maybrat Menyarankan " Masyarakat Nikah Lebih Dari Satu Orang"



MAYBRAT, (Maybrat News) – Untuk meningkatkan populasi penduduk diwilayah Kabupaten Maybrat, Bupati Drs. Bernard Sagrim, menyarankan agar setiap laki-laki dapat memiliki istri lebih dari satu orang.

“Penduduk kita totalnya itu diperkirakan sekitar 19 ribu jiwa. Namun progres perekaman sudah mentok sampai 13–15 ribu,” ungkap Sagrim, pada hearing DPRD dengan pihak eksekutif di ruangan sidang DPRD Maybrat di Kumurkek, Kamis lalu.

“Itu artinya mereka yang berusia 17 tahun atau dibawah itu, belum menikah, sedangkan usia dibawah itu sekitar 5 ribu,” ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan sebuah tantangan. “Sehingga selalu saya utarakan, kalau laki-laki Maybrat kawin lebih dari satu itu bisa, agar dapat anak banyak-banyak untuk menutupi kekurangan penduduk,” terangnya.

Lanjut dia, solusi lain untuk meningkatkan populasi penduduk, yakni mendatangkan transmigrasi. Namun yang jadi soal apakah dapat diterima oleh orang Papua di Maybrat.
“Kalau bagi saya kedatangan transmigrasi tidak jadi masalah, karena mereka nanti di tempatkan di wilayah Aifat, Aitinyo atau Ayamaru,” sebutnya.

“Jadi harus diingat, perkembangan kita orang Papua itu menurut deret hitung, sedangkan perkembangan saudara-saudara kita yang lain itu menurut deret ukur. Artinya kita berkembang itu satu dua dan seterusnya, sementara mereka satu lima sembilan dan seterusnya,” jelasnya.
 
“Jadi kemajuan daerah, bukan hanya satu bidang saja tetapi berbagai hal. Sehingga membangun Papua harus dikaji dari semua aspek,” tandasnya.(es)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...