"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Minggu, 03 November 2019

Bupati Maybrat: Cukup A3, Jangan Tambah Lagi


MAYBRAT, (Maybrat News) Sejak dulu kala, di Kabupaten Maybrat sudah dikenal dengan 3 suku yang ada di dalamnya. Ketiga suku itu adalah Ayamaru, Aitinyo dan Aifat (A3). Mempertetgas itu, Bupati Drs. Bernard Sagrim, MM meminta untuk tidak menambah-nambah lagi suku lainnya. 

“Kalau tambah nomenklatur itu biasanya banyak kelompok kepentingan di sana. Akhirnya kita pusing mengurusnya, karena banyak faksi-faksi. Kalau sudah A3 jangan tambah-tambah lagi, nanti bikin pusing, jadi tetap A3 di Kabupaten Maybrat “ujar bupati, saat ditemui awak media usai tatap muka khusus dengan staf di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Maybrat, di aula pertemuan Setda Maybrat.

Mengenai Yumasses, sambung bupati, sesuai sejarahnya di sana dulu adalah tempat orang berkebun dan kehadiran Yumasses untuk mempermudah orang A3, karena dulunya orang Mare masuk di Kepala Pemerintah Setempat (KPS) dan masuk di wilayah Ayamaru. 

“Secara adat, Yumasses masuk dalam Ayamaru. Saya juga dari kelompok Yumasses, tetapi tidak menyebutkan nomenklatur itu. Nenek saya orang Mare dan masih keturunan ketiga dari orang Mare,”imbuhnya. 

Oleh karena itu, bupati berharap agar semua masyarakat Maybrat untuk menyatukan presepsi seperti dahulu dan membangun Maybrat bersama-sama. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...