"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Senin, 16 Maret 2020

Bupati Maybrat "Lembaga Dunia Akan Petakan Hutan Papua"

Drs. Bernard Sagrim, MM

MAYBRAT, (Maybrat News) – Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim, MM mengutarakan menarik bagi orang asli Papua, karena beberapa waktu lalu ada pertemuan dengan Kementerian Kehutanan bahwa hutan Papua itu jadi paru-paru dunia termasuk Amazon di Amerika Latin. 

“Kalau jaga hutan saja, saya kira yang jadi tuan dan nyonya itu Orang Asli Papua (OAP) karena mereka punya hutan,”ujar bupati saat ditemui awak media di Vaitmayaf Senin, (16/3/20).

Menurut bupati, itu kebijakan dunia, di tahun 2021. “Jadi orang Maybrat yang punya hutan mulai dari sekarang sudah harus jaga, karena nanti dihitung kepemilikan, baru danannya dibagi dan terimanya bersih tidak dipotong-potong lagi. 

Ditanya dari lembaga mana yang melakukan pemetaan, menurut bupati itu dari lembaga dunia melalui pemerintah pusat turungkan ke dinas teknis dengan konsultan yang ditunjuk. “Memang ada foto satelitnya tetapi harus di verifikasi ulang lagi termasul luasan hutan di Maybrat ini berapa dan termasuk marga atau keret yang ada. 

Total kawasan hutan di kabupaten Maybrat itu berapa, dasar itu baru dipeta-petakan lagi. Sehingga, nantinya kita kumpul misalnya wilayah Aifat Timur kita sampaikan peta satelit dan kehutanan seperti ini. Kira-kira diatas hutan ini marga mana saja,” tutupnya. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...