"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Rabu, 11 Maret 2020

Mantapkan Kesiapan Siswa Hadapi UAS dan UN, Dinas Pendidikan Maybrat Gelar Sosialisasi



MAYBRAT, (Maybrat News) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Maybrat, menggelar sosialisasi tahapan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN), di Aula Setda Maybrat, Selasa, (10/3/2020).

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Maybrat, Hendrik Frasawi, S.Sos ini, dihadiri 13 Kepala Sekolah SMP dan 59 Kepala Sekolah SD, Pengawas Sekolah Negeri, YPK dan YPPK.

Sekretaris Dinas Pendidikan Maybrat, Hendrik Frasawi, S.Sos , mengatakan sosialisasi itu dilakukan, untuk melihat seberapa besar kesiapan guru dan para siswa dalam menghadapi ujian.

“Jadi jadwal, tahapan dan pelaksanaan ujian itu sudah disusun Badan Standar Nasional Pendidikan di Jakarta dan daerah tinggal menyesuaikan,” ucapnya.

Dia berharap pelaksanaan ujian nanti, tidak ada lagi kesalahan seperti tahun-tahun sebelumnya, artinya panitia rayon dan sub rayon tetap dibentuk agar mempermudah akses antara sekolah dan wilayah yang lebih dekat.

Selain itu, dia mengatakan untuk tahun ini di Maybrat, UN masih dilakukan secara manual karena belum ada perangkat multi media, komputer, internet dan listrik.

“Kedepan ujian berbasis komputer tetap akan diprogramkan, tetapi hal itu akan diterapkan di satu sekolah percontohan di tiga wilayah besar yaitu Ayamaru, Aifat dan Aitinyo,” tukasnya.

Untuk tahun ini sekolah yang akan mengikuti ujian, untuk SD 59 sekolah dengan peserta 695 orang, sedangkan SMP 13 dengan peserta 371 orang.

“Ujian itu hanya mengukur persiapan kita selama satu tahun dalam proses belajar dan mengajar. Apakah mencapai hasil yang baik atau kurang baik, tetapi kami optimis di Maybrat akan mencapai hasil baik dan berstandar,” tandasnya.

Ketua Panitia Penyelenggaran Ujian, Marlina Iek, S.Pd, menambahkan kegiatan ini, untuk mensosialisasikan terkait tahapan ujian sekolah berstandar nasional untuk SMP dan ujian utama sekolah untuk jenjang SD, sesuai petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Provinsi.

“Kami dari dinas sudah membentuk panitia ujian tingkat dinas yang melibatkan PSW YPK dan YPPK. Sedangkan panitia sekolah untuk SMP dan untuk SD ditentukan panitia di 12 sub rayon,” ucapnya.

Untuk diketahui UAS bagi SMP akan dilaksanakan 30 Maret hingga 4 April 2020, dan UN 20-24 April 2020. Sedangkan SD, UAS dari tanggal 20-24 April 2020 dan UN tanggal 4-6 Mei 2020.(Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...