"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Rabu, 23 September 2020

Kinerja Tim Gustu Covid-19 Maybrat Dipertanyakan


MAYBRAT, (Maybrat News) – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Maybrat mempertanyakan kinerja Tim Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Maybrat. Pasalnya, berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, 2 pasien positif tercatat di Kabupaten Maybrat, dimana 1 pasien terkonfirmasi virus corona di Maybrat telah dinyatakan meninggal dunia dan seorang lainnya sedang menjalani perawatan.

Atas dasar itulah DPRD Kabupaten Maybrat melalui Panitia Khusus melakukan rapat kerja dengan Kapolres Sorong Selatan dan Kepala Kejaksaan Negeri Sorong untuk meminta pendampingan hukum kepada anggota Pansus DPRD Kabupaten Maybrat sesuai fungsi pengawasan yang diamanatkan kepada Anggota DPRD.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Maybrat, Yonas Yewen menegaskan, hadirnya Pansus untuk menunaikan tugas pengawasan sesuai aturan yang berlaku, bukan untuk mengganggu kinerja dari gugus tugas penanganan virus corona. Selain itu, melihat data temuan kasus terkonfirmasi Covid-19 harus menjadi pertimbangan eksekutif untuk mengevaluasi kinerja gugus tugas Covid-19 di Maybrat.

“Tujuan Pansus ini bukan mencari kesalahan eksekutif, tapi untuk memenuhi kewajiban dan tugas sebagai dewan mewakili masyarakat. Kami menggelar Raker dengan Kejaksaan dan kepolisian, sebelumnya kami sudah dengar pendapat dengan BPK dan telah mendapat asesmen dari lembaga-lembaga dimaksud,” kata Yonas Yewen, Jumat (18/9/20).

Dikatakan Yonas, pemerintah Kabupaten Maybrat telah merencanakan anggaran sebesar Rp 43 miliar dan sedang diusulkan pergeseran anggaran tahap II sebesar Rp 104 miliar. Oleh karenanya, Pansus menyarankan agar dapat duduk bersama antara eksekutif dan legislatif untuk mengevaluasi kinerja gugus tugas Covid-19 Kabupaten Maybrat.

“Usulan pertama itukan Rp 43 miliar dan pergeseran lagi terakhir ini Rp 104 miliar, nah dengan refocusing ini, kita tahu dana dimaksud untuk berbagai kebutuhan terutama logistik, tapi akhirnya ada 2 kasus ini kan patut kita pertanyakan, karena ini uang rakyat yang dipergunakan,” tambah Yonas Yewen.

Setelah melakukan dengar pendapat dan rapat kerja baik dengan Perwakilan BPK Papua Barat, Polres Sorong Selatan dan Kejaksaan Negeri Sorong, Pansus akan memanggil OPD dilingkungan pemerintah dan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Maybrat, untuk meminta keterangan seputar penggunaan dana refocusing serta penanganan Covid-19 di Kabupaten Maybrat. (Mrk)

 

1 komentar:

  1. Home Florist Manokwari

    Melayani pembuatan Krans Bunga dan Peti Jenazah Khusus Covid 19.
    Silahkan buka Brosurnya di Link ini : https://drive.google.com/folderview?id=19O8yXR-zvCNbPHU5Q6J4Nwj59T307Vzx

    BalasHapus

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...