"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Kamis, 10 September 2020

Regulasi Sudah Siap, Pemkab Maybrat Optimis Akan Tingkatkan PAD




MAYBRAT, (Maybrat News) - Pemerintah kabupaten (pemkab) Maybrat di Papua Barat optimis kedepan akan meningkatkan pendapatan asli daerah. Hal itu disampaikan Bupati Maybrat Drs. Bernad Sagrim, MM yang diwakili Asisten II Engelbertus Turot didampingi kepala Dispenda Maybrat, Melianus Saa usai rapat monitoring capaian program (MCP) di kantor bupati Maybrat pada, Rabu (8/9/20)

Engelbertus mengatakan, rapat terbatas (ratas) yang digelar tersebut selain menindak lanjut arahan Bupati 24 agustus lalu, juga menindaklanjuti arahan dari komisi pemberantasan korupsi (KPK) terkait dengan MCP yang salah satu targetnya adalah meningkatkan penarikan pajak dan retribusi daerah.

Perda terkait pajak dan retribusi, jelas Engelbertus, telah ditetapkan pada tahun 2019 bahkan sudah didistribusikan dan disosialisasikan ke tiap-tiap OPD yang ada, namun sampai sejauh ini belum ada eksen yang nampak dari masing-masing OPD itu sendiri, oleh karena itu melalui komitmen dan desakan Bupati maka hal tersebut segerah direalisasikan demi mencapainya pendapatnya daerah yang maksimal.

“Oleh karena itu, kami sebagai koordinator dan penanggungjawab yang membantu pak Bupati, berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memanggil dan melaksanakan rapat koordinasi segera untuk melakukan langkah-langkah dan upaya untuk bagaimana menggali potensi ini,” tukas Turot.

Melalui rapat tersebut, menyepakati poin berkomitmen bersama dengan langkah awal yang segera diambil yakni membentuk sebuah tim untuk mengungkapkan berbagai persoalan sekaligus menggali berbagai potensi yang ada di daerah untuk dilaporkan kepada Bupati.

Penuhi target tersebut, lanjut Turot, pemerintah kedepannya akan fokus membenahi sarana infrastruktur dasar terhadap aset umum seperti pasar dan sebagainya, juga memberi perhatian khusus berupa kebijakan untuk menggerakkan ekonomi daerah dan yang membuka seluasnya lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal terutama bagi orang asli Papua. Semua itu demi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di kabupaten Maybrat.

“Kewajiban dari kami pemerintah memberikan spirit kepada mereka orang asli papua ini melalui OPD terkait, selain itu juga tenaga kerja, supaya bisa kita orang Papua ini bisa menjadi pelaku penghasil pajak, kami kejar dan komitmen dan optimis kedepan ada aksi yang lebih nyata lagi,”pungkas Turot.

Rapat MCP ini selain dihadiri oleh Asisten II Engelbertus Turot dan Kepala dispenda Melianus Saa.

Hadiri juga beberapa pimpimpinan OPD antara lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Staf Ahli Bidang Keuangan, serta Kabid Dinas Pendapatan. 

Red (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...