"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Kamis, 10 September 2020

Ada Pelatihan Ekonomi Kreatif Anyam Noken dan Koba-Koba Bagi Kader dan Wanita Warga Kampung Konja Barat, Aifat Utara, Maybrat

 


MAYBRAT (Maybrat News) - Warga Kampung Konja Barat mulai melirik kembangkan ekonomi bagi kader dan perempuan dalam mengembangkan potensi lokal untuk menyanyam dan menyahit.

Acara dengan tema peningkatan pelatihan ekonomi kreatif bagi kader dan perempuan kampung Konja Barat di Distrik Aifat Utara Kabupaten Maybrat, yang dibuka kepala distrik Aifat Utara, Philipus Fanataf, S.Sos pada Sabtu, (5/9/20)

Kepala distrik kepada Maybrat News memgatakan pihaknya memberi apresiasi kepala kampung dan warganya yang berinisiatif melakukan pelatihan ekonomj kreatif di kampung Konja Barat. "Kami lihat ada dua hal yang pertama dana desa itu ada bidang usaha yaitu badan usaha milik desa (Bumdes) dan kedua melestarikan tradisi kita yang terlihat sudah mulai hilang seperti menganyam noken dan menjahit koba," ujarnya.
 
Menurut kepala distrik, noken yang dianyam dari kulit kayu dan koba-koba dari daun pandang sudah mulai hilang. Padahal kata dia koba dan noken merupakan identitas dan harga diri kita yang perlu jaga dan dilestarikannya.


"Noken dan koba itu harga diri kita yang perlu dijaga dan lestarikan. Terima kasih kepala kampung Konja Barat dan warganya yang mengingatkan kita agar masing-masing kampung dan distrik di Maybrat sebaiknya mulai lakukan yang sama," katanya.

Kepala kampung Konja Barat Alex Taa, mengatakan kegiatan ekonomi kreatif yang melibatkan ibu-ibu untuk menganyam dan menjahit noken dengan bantuan dana kampung 10 juta.

"Ini proses awal tetapi komitmen kami terus tingkatkan sampai mencari tempat pasaran, ini bagian meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus kedepan dibuat sanggarnya," lanjutnya.

Yosinta Bame ketua panitia harapkan kegiatan seperti ini setidaknya perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah karena ini potensi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Ini jati diri kita yang harus dikembangkan dan didukung pemerintah daerah termasuk dilibatkan dalam iven pameran antara distrik dan kabupaten maupun ke luar daerah,” ujar Yosinta. Red (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...