"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Minggu, 16 Februari 2020

Komoditi Unggulan di Maybrat Harus Dikembangkan


MAYBRAT, (Maybrat News) – Ketua Pusat Studi Kajian Ekonomi  dan Bisnis Uncen Jayapura yang juga dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengatakan komoditi unggulan di Maybrat harus dikembangkan.
“Selama ini, kita lihat itu bicaranya tidak mengakar, tetapi lebih di awan-awan, sehingga seminar hari ini kita mengidentifikasi apa yang ada pada diri kita termasuk mendorong masyarakat kita apa yang selama ini mereka kerjakan agar tidak mengharapkan barang dari luar,”ujarnya.
Menurut dia, komoditi-komoditi unggulan yang kita sudah identifikasi setiap distrik kedepan program itu langsung menyentuh disana.

Baik kebijakan pembangunan, program pemberdayaan langsung kepada masyarakat. “Artinya kita sudah tau penyakit kita, obatnya ada dimana dan siapa yang memberikan obat itu,”terangya saat Seminar sehari di Kumurkek Kamis lalu.
Dia berharap, pihak legislatif juga ikut mendorong agar kebijakan yang diperuntukan membangun masyarakat dapat tercapai apa yang diharapkan yaitu bagaimana masyarakat berkembang dari sisi ekonomi secara baik.

“Kami mengidentifikasi temyata sektor pertanian itu merata di semua wilayah distrik yang ada termasuk potensi perikanan darat, hutan, perkebunan dan kopi.

 Sehingga kebijakan yang dilakukan harus merata disetiap distrik karena komoditi unggulan merata, namun komoditi unggulan ini tersedia merata bila kita juga mencari akses pasar agar mendukung komoditas ini kalau dikembangkan,”tandasnya. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...