"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Senin, 03 Agustus 2020

Bernard Sagrim: Maybrat Masih Kental Dengan Kearifan Lokal


MAYBRAT, (Maybrat News) – Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim, MM mengutarakan kearifan lokal di kabupaten Maybrat masih kental karena penduduk di wilayah tersebut masih didominasi orang asli Papua (OAP), yakni sekitar 95 persen.

“Pimpinan dan anggota DPRD, pimpinan OPD, Kepala Distrik dan Kepala Kampung semuanya orang asli Papua, sehingga kearifan lokal itu masih kental sekali,” ujarnya kepada media, Selasa (28/7/20).

Sagrim menuturkan, akibat masih kentalnya budaya dan kearifan lokal di Maybrat, banyak pejabat yang masih rendah dalam hal pemahaman hukum.

Sehingga, lanjut dia, beberapa bulan lalu pihaknya melakukan kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kajari) Sorong agar bisa memberikan pembinaan dan pendampingan hokum kepada para pejabat di daerah tersebut.

“Agar pejabat ini aman dari sisi normatifnya, termasuk kepala kampung juga dikuatkan dari sisi pemahaman hukum dan peningkatan SDM terkait pengelolaan dana kampung. Agar penggunaan anggaran dana kampung sesuai dengan perencanan dan kebutuhan di kampung yang ada,” ujar bupati. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...