"Nehaf Sau Bonout Sau" "Satu Hati Satu Komitmen"

Minggu, 10 Mei 2020

Pemkab Maybrat Komit Menangani Stunting

Engelbertus Turot, SP, M.Si (yang lagi duduk)

MAYBRAT, (Maybrat News) - 14 Puskesmas dan Perwakilan Kader Posyandu bersama Pemerintah Kabupaten Maybrat berkomitmen menangani stunting sesuai anjuran pemerintahan Pusat dengan mengambil langkah untuk mulai gelar Penyusunan Rencana Aksi Daerah dengan sumber Biaya Operasional Kesehatan (BOK) Stunting tahun 2020.

Bupati Maybrat, Drs. Bernad Sagrim, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot, SP, M.Si  di Ayamaru, Jumat,(8/5/20) menjelaskan, setelah kegiatan tersebut, Pemda akan membentuk tim yang melibatkan komponen terkait untuk memberi pertimbangan dan masukan kepada pemerintah terkait langkah tepat penanganan stunting, agar ada kebijakan-kebijakan strategis dalam penanganan stunting terutama yang menimpah anak dibawah 5 tahun maupun ibu hamil dan janin yang berpeluang mengalami stunting.

“Jadi stunting ini bukan hanya menjadi tanganggung jawab dinas kesehatan, tapi harus melibatkan komponen-komponen terkait, seperti pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, ketahanan pangan dan lain-lain dalam penanganan stanting maupun gizi buruk,” ujar dia.

Permasalahan gizi buruk atau stunting, kata dia, kini sudah menjadi masalah Nasional. Maka diharapkan Dinas Kesehatan harus tetap menjadi garda terdepan selain memberangus ancaman covid 19, dan menangani permasalahan stunting di Kabupaten Maybrat.

“Kita sama-sama berkomitmen dengan pemerintah dan stekholder yang ada untuk membatasi covid 19 dan juga masalah stunting di Maybrat. Jadi diharapakan teman-teman puskesmas dan dinas kesehatan saat ini menjadi garda terdepan, sebagai prajurit yg diandalkan oleh daerah untuk tangani stunting juga,,”tandasnya. (Mrk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael R Kareth "Pengisian Jabatan DOB PBD Wajib Prioritaskan Orang Asli Papua"

                                                    Dr. Michael Rafael Kareth, S.Hut, M.Si Dr. Michael R Kareth, S.Hut,  M.Si., mantan Aktif...